Rabu, 31 Oktober 2012

Tradisi Toron, Jembatan Suramadu Dipenuhi Pemudik

SURABAYA - Ribuan sepeda motor dan mobil mulai melintasi Jembatan Suramadu sejak pagi tadi. Para penumpang itu merupakan warga Madura yang mudik untuk merayakan Idul Adha bersama keluarga.

Dalam tradisi Madura, mudik ke kampung halaman saat Idul Adha disebut Toron.

Para pemudik membawa barang-barang bawaan layaknya pulang kampung saat Idul Fitri. Bahkan, ada juga yang membawa ternak, seperti ayam, yang akan disembelih untuk disantap bersama di kampung.

Rizky, seorang pemudik, menuturkan, liburan Idul Adha yang berdempetan dengan akhir pekan ini dimanfaatkan untuk Toron.

“Dua hari di Madura liburan, yang pasti makan-makan sama keluarga,” tuturnya saat ditemui di pintu tol Suramadu, Kamis (25/10/2012).

Selain itu, lanjut Rizky, setelah salat Id biasanya dia dan keluarga bersilaturahim ke rumah saudara-saudara lainnya. Menurut Rizky, apa yang dilakukannya juga lazim dilakukan perantau asal Madura lainnya.

Sementara itu, arus kendaraan pemudik melonjak tajam sejak pagi tadi. Tidak hanya sepeda motor, volume kendaraan pribadi dan bus juga meningkat. Diperkirakan jumlah kendaraan akan terus meningkat hingga malam nanti.


Petugas gerbang tol Suramadu dari pintu Surabaya, mencatat, sedikitnya 10 ribu kendaraan roda dua dan lebih sudah melintasi Suramadu sepanjang pagi hingga siang ini.

Petugas membuka empat loket untuk sepeda motor, padahal pada hari biasa hanya dua loket yang dibuka.

source : http//okezone.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar